Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Pungut Hitung di TPS Berjalan Sesuai Aturan, Bawaslu Tubaba Gelar Workshop Pelatihan bagi Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024

Foto Ketua & Anggota Bawaslu Tubaba beserta Jajaran Kepolisian dan Para Saksi

Foto Ketua & Anggota Bawaslu Tubaba beserta Jajaran Kepolisian dan Para Saksi

Tubaba – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tulang Bawang Barat Guna memastikan pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara berjalan sesuai dengan norma-norma dan aturan yang berlaku Bawaslu Kabupaten Tulang Bawang Barat menggelar Workshop Pelatihan Tingkat Kabupaten dan Kecamatan bagi Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024. Jum’at, 09/02/2024

Kegiatan ini berlangsung di Balai Tiyuh Tirta Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah, diikuti oleh Saksi Peserta Pemilu dari Partai Politik, Saksi PDP serta Saksi Presiden dan Wakil Presiden juga jajaran Panwaslu Kecamatan.

Pelatihan saksi peserta pemilu adalah amanah dari Pasal 351 ayat 1 UU Nomor 7 Tahun 2017 yang menjadi tanggung jawab Bawaslu. Kegiatan ini adalah instruksi dari Bawaslu RI dan juga amanat undang-undang yang mana Pelatihan saksi menjadi tanggungjawab Bawaslu secara keseluruhan.

Kepala Sekretariat Bawaslu Tubaba Darsani, S.E mengatakan, saksi bisa menjadi salah satu titik rawan terjadinya pelanggaran pemilu 14 Februari 2024, pelatihan tersebut menjadi langkah penting untuk memastikan kelancaran dan keberlangsungan proses demokrasi dalam pemilu 14 Februari 2024, Sehingga saksi Pemilu dapat melaksanakan tugasnya dengan baik saat proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sementara itu, Ketua Bawaslu Tubaba Agus Tomi mengatakan, pelatihan saksi peserta pemilu merupakan bagian dari tanggung jawab Bawaslu, meskipun peserta pemilu juga memiliki metode pelatihan sendiri bagi saksi. Kegiatan ini menjadi langkah penting untuk memastikan kelancaran dan keberlangsungan proses demokrasi dalam Pemilu 14 Februari mendatang, Sehingga saksi Pemilu dapat melaksanakan tugasnya dengan baik saat proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Marilah kita jadikan acara ini sebagai momentum untuk memperkuat semangat kebersamaan dan tanggungjawab kita dalam menjaga ketertiban dan keadilan selama pelaksanaan pemilu, terimakasih atas dedikasi dalam mendukung pelaksanaan demokrasi di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai. Tutup Agus seraya  berharap pelatihan ini memberikan manfaat yang besar bagi semua.